Sebagai alat transportasi pastinya anda sangat mengharapkan yang
terbaik bagi motor kesayangan anda, tapi mungkin dengan berjalannya
waktu, pemakaian dan lain lainnya motor anda akan menurun dari segi
kenyamanan dan performa.
Di KONSULTASI dan DISKUSI tentang motor kali ini akan membahas dari segi kenyamanan.
1. Kabel gas dan kabel kopling
Bukankah
hal yang menjengkelkan jika gas motor ditarik terasa berat atau gak mau
balik lagi? kalo terasa berat dari sebagian orang sich fine2 aja
tapi kalo gak balik lagi? kan repot saat rem mendadak bisa-bisa ente
nyeruduk yang didepan (kan berabe), juga motor kopling manual bikin
pegel jika kopling motor kita terasa berat apalagi kalo macet
weleh-weleh kudu diurut tuhtangan. Nah saya mau bagi tips untuk
mengatasi masalah itu, bongkar katrol rem yang di setang juga yang
nyangkut di skep karbu. setelah dicopot bro sekalian bisa nyediain
bensin di wadah/baskom, celupin kabel gas kedalam bensin tadi sembari
ditarik seling bajanya maju mundur biar kotoran di dalamnya keluar. Nah
setelah selesai dilumasi sebaiknya dilumasi pake minyak sayur, kenapa?
karna mnyk sayur lebih tahan licinnya daripada bro pake w*4*, itu mah
cuma sebentar tahannya. Pada handle grip di setangnya lumasi oli yang
kental jangan pake gemuk karna gemuk lama kelamaan mengeras jika
kecampur debu, setelah selesai pasang kembali dari handle terakhir pada
skep karbu. Langkah yang sama juga untuk membersihkan kopling cukup
bensin dan minyak sayur. Perawatan optimal dilakukan 3-4 bln sekali.
2. Rem (cakram/tromol)
Pada rem cakram kalo lama kelamaan kena hujan dan panas biasanya suka
bunyi sret sret (selain kanvas habis) gitu atau kadang seret, biasanya
pada master rem (kepala babi) numpuk tuh yang namanya kotoran.
ngatasinnya gampang kalo gak punya duit kebengkel, bongkar master rem
copot kanvas, cuci kanvas pake detergent sama masternya cabut braket
rem biasanya pada karet pendorong pelumasnya sudah kering makanya
setelah pengereman master rem gak balik lagi makanya bunyi sret2 sama
seret. Bro bisa tuangin oli kental kedalam kedua karet tersebut jangan
pake gemuk. Setelah selesai rakit kembali rem dan pasang kembali.Pada
rem tromol biasanya bunyi berdecit atau malah lost (gak pakem),
biasanya itu udah numpuk kotorannya bro sekalian bisa bongkar dan cuci
rem pake detergent kalo ingin lebih siip kanvas bisa dibikin menempel
pada kanvas yang biasanya berakibat rem los. Setelah selesai rakit dan
pasang kembali,rasakan perbedaannya rem pakem yang pasti lebih safe
donk? perawatan rem dilakukan paling ngga 3-4 bln sekali.
3. Komstir
Yang satu ini biasanya orang menganggap sepele, karna posisinya yang
tersembunyi. Padahal jika terabaikan lama kelamaan komstir bakal
mengganggu kenyamanan berkendara anda malah bisa-bisa komstir
rusak,pelor pecah. Cara merawatnya bongkar komstir,periksa apakah pelor
ada yang aus atau pecah, ganti aja mendingan harganya cuma Rp. 25.000.
Pasang kembali komstir setelah dilumasi gemuk (jangan pake gemuk hitam
yang 5000 perak mending pake gemuk cap cobra yang ijo warnanya karena
komstir dirawat paling ngga 6bln - 1thn sekali jadi pake yang bagusan
hrgnya 40rban kalo gak salah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar